Daftar 10 Transfer Pemain Termahal Pada Bursa Transfer Musim 2013-2014

Bursa transfer musim panas telah resmi ditutup pada Selasa (3/9/2013) dini hari tadi. Sejumlah pemain pun telah resmi berganti kostum.

Nama Gareth Bale menjadi sorotan utama pada bursa transfer musim panas ini. Bintang Tottenham Hotspur asal Wales ini memutuskan bergabung dengan Real Madrid. Yang membuatnya jadi sorotan ialah banderol 85 juta pounds (100 juta euro) yang dikeluarkan El Real, yang sekaligus memecahkan rekor transfer yang dipegang Ronaldo dengan mahar 80 juta pounds (93,9 juta euro) saat dibeli Madrid dari Manchester United pada 2009.


Namun, jumlah tersebut belum pasti lantaran kubu Madrid dan Spurs masih merahasiakan nominal transernya. Menurut media-media Spanyol, harga Bale sebenarnya masih di bawah Ronaldo. Terlepas dari banderol Bale yang masih dirahasiakan, satu pernyataan yang muncul ialah, mampukah Bale memenuhi ekspektasi tinggi klub dan fans?

Sementara itu, rival Madrid, Barcelona juga melakukan transfer besar. Klub berjuluk Blaugrana mengeluarkan dana 57 juta euro untuk mendapatkan seorang Neymar da Silva dari Santos.

Selain Bale dan Neymar, beberapa rekor fantastis juga tercipta di bursa transfer musim panas ini. Dari kompetisi Liga Prancis, Ligue 1, jawara musim lalu, Paris Saint Germain (PSG) kembali menggelontorkan dana fantastis untuk membangun kekuatan. Kali ini, klub berjuluk Les Parisien ini menggelontorkan dana 57 juta pounds (64 juta euro) untuk meminang Edinson Cavani dari Napoli.

Klub promosi Ligue 1, AS Monaco juga membuat gebrakan besar. Bersama sang pemilik yang notabene pengusaha Rusia, Dmitry Rybolovlev, Monaco langsung membangun kekuatan menakutkan dengan meminang Radamel Falcao dengan mahar 53 juta pounds (60 juta euro), dan paket dua pemain FC Porto Joao Moutinho dan James Rodriguez senilai 60 juta euro.

Dari Inggris, gebrakan besar juga dilakukan Arsenal dan Manchester United di hari terakhir bursa transfer. The Gunners yang awalnya ‘adem ayem’ langsung membut gebrakan dengan meminang Mesut Ozil dari Madrid dengan nilai 42,4 juta pounds. Sementara United merogoh kocek 27,5 juta euro untuk merekrut Marouane Fellaini.

Geliat transfer di Italia juga tak kalah semarak. Napoli yang mendapat dana besar hasil penjualan Cavani, melakukan belanja besar. Tiga pemain Madrid langsung didatangkan. Salah satunya ialah Gonzalo Higuain yang direkrut dengan 34,5 juta pounds atau setara (40 juta euro), sekaligus mencatatkan rekor transfer termahal di Italia.

Dari ranah Jerman, Bayern Munich mencatatkan rekor termahal di musim ini dengan merekrut bintang Borussia Dortmund, Mario Gotze dengan mahar 32,5 juta pounds atau 37 juta euro.


10 Transfer termahal di bursa transfer musim panas 2013/2014:

1.Gareth Bale (Real Madrid) 100 Juta Euro (Rp1,4 triliun)
2. Edinson Cavani (PSG) 64 Juta Euro (Rp924 Miliar)
3. Radamel Falcao (AS Monaco) 60 Juta Euro (Rp866 miliar)
4. Neymar da Silva (Barcelona) 57 Juta Euro (Rp823 miliar)
5. Mesut Ozil (Arsenal) 42,4 Juta Pounds (Rp721 miliar)
6. Fernandinho (Manchester City) 40 Juta Pounds (Rp680 miliar)
7. James Rodriguez (AS Monaco) 45 Juta Euro (Rp650 miliar)
8. Gonzalo Higuain (Napoli) 34,5 Juta Pounds (Rp586 miliar)
9. Mario Gotze (Bayern Munich) 37 Juta Euro (Rp534 miliar)
10. Willian Borges da Silva (Chelsea) 30 Juta Pounds (Rp510 miliar)  


Copyright © APTHANTA. Designed by OddThemes