Jelang Moto GP Prancis: Data dan Fakta Sirkuit Le Mans



Jelang MotoGP Prancis: Data dan Fakta Sirkuit Le Mans - Le Mans menjadi salah satu sirkuit tertua yang menggelar seri balap motor Grand Prix. Selain Jorge Lorenzo yang menjadi pebalap terukses di sana, berikut data dan fakta menarik terkait lintasan sepanjang 4,2 km itu:

  • Le Mans total telah 25 kali menjadi tuan rumah balap motor Grand Prix. Termasuk di antaranya adalah di tahun 1991, saat mereka menggelar GP Vitesse du Mans, yang menjadi satu-satunya momen di mana Prancis menggelar dua balapan dalam satu musim.
  • Balapan pertama di Le Mans digelar pada tahun 1969. Saat itu Giacomo Agostini menjadi juara dengan menunggangi MV Agusta miliknya. 
  • Sirkuit Le Mans telah menjadi tuan rumah MotoGP dalam 13 tahun terakhir secara beruntun.
  • Sejak diperkenalkannya mesin empat langkah di ajang MotoGP pada tahun 2002, Honda dan Yamaha sama-sama telah memenangi lima balapan di Le Mans. 
  • Sementara satu kemenangan sisanya menjadi milik Suzuki bersama pebalapnya Chris Vermeulen di tahun 2007. Itu sekaligus menjadi satu-satunya kemenangan Suzuki di kelas MotoGP setelah memasuki era mesin empat langkah.
  • Jorge Lorenzo meraih tiga kemenangan di kelas MotoGP dan satu saat masih berlaga di kelas 250 cc. Catatan tersebut membuat dia menjadi pebalap yang paling banyak memenangi seri Grand Prix di Le Mans.
  • Total cuma ada lima pebalap Prancis pernah menang di Le Mans. Mereka adalah Jean Aureal (125 cc/1969), Guy Bertin (125 cc/1979), Patrick Fernandez (350 cc/1979), Mike di Meglio (125 cc/2008) dan Louis Rossi (Moto3/2012).
  • Selain Le Mans, ada tujuh sirkuit lain yang menjadi tuan rumah GP Prancis. Sirkuit-sirkuit itu adalah Paul Ricard (13 kali), Clermont-Ferrand (10 kali), Nogaro (2 kali), Reims (2 kali), Rouen (2 kali), Albi (1 kali) dan Magny-Cours (1 kali)         


Itulah Data dan Fakta Sirkuit Le Mans. Race ini akan dilaksanakan pada tanggal 19 Mei 2013 mendatang di sirkuit Le Mans, Prancis. Race ini akan di siarkan langsung di TRANS 7. Jangan lewatkan Race Moto GP seri Prancis ini.

Unknown said...

wah....asik. ada GP lagi ....klw lorenzo dan rossi pasti nonton. :D

Unknown said...

mark marquez mba yg lg booming, the baby alien :D

zigzoor said...

paporitku kalah terus sob.saya jadi males nontonnya,kunjungan sob.

Unknown said...

emang siapa gan favoritnya?
ok gan thanks udah brkunjung

Unknown said...

thanks gan :-bd

Copyright © APTHANTA. Designed by OddThemes