Prediksi Pertandingan Myanmar vs Indonesia 16 Desember 2013 - Sea Games

Written By Ari M on Monday, December 16, 2013 | 12:07:00 PM

Timnas U-23 bakal menjalani laga hidup-mati saat menghadapi tuan rumah Myanmar U-23 dalam lanjutan grup B SEA Games 2013 Myanmar di Stadion YTC, Yangon, Myanmar, Senin (16/12). Menyusul, laga ini akan menentukan siapa yang berhak melaju ke babak semi-final di antara kedua tim tersebut.


Jika ingin lolos, Indonesia yang saat ini berada di posisi ketiga dengan empat poin wajib menang pada laga nanti. Sebenarnya, poin yang akan dikumpulkan timnas U-23 jika menang nanti bakal sama dengan yang diraih Myanmar yakni tujuh poin. 

Namun berdasarkan regulasi cabang sepakbola SEA Games 2013, apabila ada dua tim yang memiliki poin sama dan itu menentukan siapa yang akan lolos ke semifinal, maka yang diprioritaskan pertama adalah head to head kedua tim yang bersangkutan bukan selisih gol. Artinya, Indonesia bakal lolos jika berhasil menang dengan skor berapapun.  Melihat itu, langkah Myanmar untuk lolos sebetulnya lebih ringan. Pasalnya, mereka hanya perlu hasil imbang. 

Berkaca dari hasil tiga pertandingan sebelumnya yang telah dijalani kedua tim, Indonesia terkesan masih belum menemukan performa terbaiknya. Itu terlihat dari hasil yang didapatkan dengan menang atas Kamboja 1-0, dibekuk Thailand 1-4, dan bermain imbang tanpa gol dengan Timor Leste.

Bahkan, para penggawa tim berjulukan Garuda Muda masih sering terlihat kurang tenang dalam penyelesaian akhir, meski banyak peluang yang diciptakan. Khususnya, ketika bermain imbang dengan Timor Leste, Sabtu (14/12).

Pelatih timnas U-23 Rahmad Darmawan (RD) pun mengakui telah menginstruksikan para pemainnya untuk bermain lebih efisien dan tenang. Selain itu, para pemainnya diminta menjaga keseimbangan tim baik ketika menyerang maupun bertahan.

Apalagi, Myanmar dihuni para pemain yang memiliki kualitas cukup baik dan ditunjang dengan kecepatan. Adalah Kyaw Ko Ko, striker yang patut diwaspadai barisan pertahanan timnas U-23. Sementara ini, Kyaw Ko Ko pun telah membuktikan tajinya dengan torehan tiga gol dan menjadi top skor bersama Ahmad Hazwan Bakri (Malaysia) dan Sahil Suhaimi (Singapura).

Selain itu, para pemain timnas U-23 juga harus siap mental menghadapi tekanan yang diberikan oleh para pendukung tim tuan rumah. Berbicara skema, RD tampaknya tetap akan memakai pola 4-2-3-1 andalannya. Untuk posisi kiper, Kurnia Meiga Hermansyah masih akan dipercaya pelatih berusia 47 tahun itu. Untuk kuartet lini belakang, Alfin Ismail Tuasalamony dikabarkan kembali sedikit mengalami cedera. Namun begitu, dia kemungkinan tetap bisa diandalkan bersama Manahati Lestusen, Andri Ibo, dan Roni Esar Feliks Beroperay.

Di lini tengah, dua gelandang jangkar Rizky Pellu dan Dedi Kusnandar masih yang paling ideal untuk saat ini. Ditunjang tiga gelandang lainnya yang bisa berpindah-pindah posisi sebagai gelandang sayap maupun penyerang lubang seperti Andik Vermansah, Rizki Ramdani Lestaluhu, dan Dendi Santoso. Namun bisa saja, RD memasukkan lebih dulu Bayu Gatra Sanggiawan dan Yohanes Ferinando Pahabol daripada Andik dan Dendi.  Mengingat, penampilan yang cukup apik dari Bayu dan Pahabol pada laga melawan Timor Leste. Di lini depan, Fandi Eko Utomo bisa menjadi pilihan sebagai striker tunggal.  

Di pihak lain, Myanmar yang dilatih Park Sung Hwa juga dalam motivasi tinggi. Tujuh poin yang telah mereka kumpulkan hasil menang atas Kamboja (3-0), Timor Leste (3-1), dan imbang dengan Thailand (1-1), membuktikan mereka adalah tim yang berkualitas. Sebagai tuan rumah, Myanmar tentunya juga tak ingin angkat koper lebih dulu di cabang sepakbola. 
Blog, Updated at: 12:07:00 PM

0 komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Artikel Populer Minggu Ini

Site Info


Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net

View My Stats