Hasil Skor Athletic Bilbao vs Barcelona 02 Desember 2013 - Liga Spanyol

Barcelona kembali memetik hasil minor. Setelah beberapa hari lalu menelan kekalahan pertama di Liga Champions, kali ini di pentas La Liga. Blaugrana dipaksa bertekuk lutut oleh tuan rumah, Athletic Bilbao dengan skor tipis 1-0.  


Berlaga di San Mames, Senin (2/12/2013) dini hari WIB, Barca masih belum diperkuat sang megabintang, Lionel Messi. Absennya Messi, memaksa pelatih Gerardo ‘Tata’ Martino menempatkan Cesc Fabregas untuk menemani duet Neymar da Silva dan Alexis Sanchez di lini depan.

Tuan rumah Bilbao mengawali pertandingan dengan percaya diri, berkat dukungan dari publik San Mames. Hal tersebut tampak melalui keberanian mereka melakukan tekanan, serta meladeni permainan terbuka Barcelona.

Meski berusaha memberikan terapi kejut kepada tim tamu, namun Barcelona berhasil mengawali ancaman ke gawang Bilbao yang dijaga Gorka Iraizoz. Di menit ke-12, berturut-turut Neymar dan Andres Iniesta menciptakan peluang.

Mikel Rico membalas lima menit kemudian, tetapi tendangan kaki kanannya dari luar kotak penalti masih berhasil diselamatkan. Setelah saling jual-beli serangan, Iniesta kembali menciptakan peluang, yang lagi-lagi masih berhasil diselamatkan Iraizoz.

Di menit ke-29 Muniain mendapat kesempatan untuk menembak dari muka gawang. Namun hingga turun minum, gol yang dinantikan tak kunjung tercipta. Babak pertama usai dengan skor imbang tanpa gol.

Pada babak kedua Bilbao kembali mengawali serangan, kali ini melalui upaya Gaizka Toquero, setelah mendapatkan umpan Markel Susaeta. Ketiadaan sejumlah pilar rupanya sangat berpengaruh pada permainan tim tamu.

Hingga pada akhirnya tuan rumah Bilbao yang berhasil unggul lebih awal. Mendapat umpan tarik Susaeta dari sisi kanan, Muniain menyodok bola yang tidak mampu dihalau Jose Pinto. Bilbao unggul 1-0 di menit ke-70.

Tertinggal di pertengahan babak kedua memaksa Barcelona tampil lebih menyerang. Akan tetapi Bilbao seakan berusaha menggandakan keunggulan, setelah berhasil memegang kendali pertandingan.

Masuknya Pedro Rodriguez menjelang berakhirnya babak pertama berhasil menambah gencar serangan Barcelona. Akan tetapi kepercayaan diri yang terlanjur tinggi membuat Bilbao bermain lebih tenang, serta beberapa kali berusaha memanfaatkan kepanikan di sektor pertahanan tim tamu.

Hingga pertandingan berakhir, skor 1-0 untuk kemenangan Bilbao tak berubah. Dengan hasil ini, Barcelona belum tergoyahkan dari puncak klasemen dengan 40 poin.

Namun poin serupa juga dicatatkan Atletico Madrid di posisi dua, sementara Real Madrid menguntit di posisi tiga dengan selisih tiga poin saja. Sedangkan Bilbao kini berhasil naik ke posisi empat, dengan torehan 29 poin.


Statistik Athletic Bilbao - Barcelona FC:
Shots: 15-11
Shots on goal: 6-2
Penguasaan bola: 38%-62%
Pelanggaran: 16-10
Corner: 4-5
Offside: 1-4
Kartu kuning: 3-4
Kartu merah: 0-0 


Starting line up kedua tim:
Athletic Bilbao (4-4-2): Iraizoz; Iraola, Gurpegi, Laporte, Balenziaga (Albizua 82'); Iturraspe, Rico (San Jose 88'), Herrera, Susaeta; Toquero, Muniain (Gomez 86').

Barcelona FC (4-3-3): Pinto; Montoya, Pique, Mascherano, Adriano; Busquets, Xavi (Sergi Roberto 78'), Iniesta (Pedro 85'); Alexis, Cesc, Neymar.


Copyright © APTHANTA. Designed by OddThemes