Atletico Madrid Kalahkan Real Madrid pada Final Copa Del Rey 2012/2013



Hasil Pertandingan Real Madrid vs Atletico Madrid - Pada Final Copa Del Rey malam tadi Atletico Madrid berhasil mengakhiri 'kutukan' tak pernah menang atas rival sekota, Real Madrid, dalam 14 tahun terakhir dengan hasil impresif 2-1 pada final Copa del Rey di Santiago Bernabeu, Sabtu (18/5) dini hari WIB. 

Berjalan alot di awal, pertandingan menghadirkan tensi tinggi di paruh kedua bahkan Jose Mourinho harus diusir dari bench akibat melancarkan protes terhadap ofisial. Pertandingan harus dilanjutkan ke perpanjangan waktu 2x15 menit setelah skor 1-1 berkat gol Cristiano Ronaldo (14') dan Diego Costa (35') bertahan hingga waktu normal. 

Adalah Miranda yang menjadi penentu kemenangan emosional bagi Los Rojiblancos di menit ke-98 yang juga diwarnai kartu merah CR7 setelah mencoba melakukan pelanggaran terhadap Gabi saat perpanjangan waktu. 

Ini tidak hanya menjadi kemenangan pertama dalam 25 laga terakhir, tapi sekaligus menjadi gelar ke-10 di ajang Piala Raja bagi skuat Diego Simeone. 

Babak pertama
Madrid langsung mengambil inisiatif menyerang sejak peluit kick-off dibunyikan dan baru enam menit laga berjalan, sudah dua tendangan bebas didapat skuat Jose Mourinho, pertama buah pelanggaran Koke terhadap Sami Khedira di menit kedua lalu empat menit kemudian giliran Juanfran menghalangi pergerakan Cristiano Ronaldo.

Mendapat serangan berkelanjutan, lini belakang Atletico cukup solid untuk mempertahankan kedudukan imbang tanpa gol, setidaknya hingga sepuluh menit awal.

Namun, gawang Thibaut Courtois akhirnya jebol juga tepat di menit ke-14. Kapten Portugal itu merayakan pertandingan ke-100 di Santiago Bernabeu dengan gol pembuka setelah melepaskan tandukan terarah yang tak mampu dihalai Courtois dari sepak pojok Mesut Ozil. Ini merupakan gol ke-55 Ronaldo di semua kompetisi musim ini.


Atletico berusaha membalas ketinggalan, namun sepakan Gabi dari luar kotak penalti masih melambung di atas mistar. Atletico memberikan respons positif atas gol yang dicetak Ronaldo dengan menekan pertahanan Madrid, namun kurang maksimalnya penyelesaian akhir membuat Diego Lopez tidak terlalu kesulitan mengamankan gawang dari gempuran lawan.

Baru di menit ke-35 Los Rojiblancos mampu menyeimbangkan skor. Adalah Diego Costa, yang mencetak gol kedelapannya di kompetisi ini, yang membuat fans Atletico kembali terdengar nyanyiannya di Bernabey. Falcao dengan brilian membawa bola dari tengah lapangan kemudian melewati Albio sebelum akhirnya memberikan passing kepada Costa yang melepaskan tendangan kaki kanan untuk menaklukkan Lopez.

Atletico kembali menyerang dan Falcao lagi-lagi mengirim umpan matang untuk tim tamu. Pemain internasional Kolombia melewati hadangan Sergio Ramos dan memberikannya kepada Juanfran, sebelum si bek kanan ditekel Coentrao.

Los Blancos nyaris kembali unggul dengan dua peluang emas sebelum jeda. Pertama sepakan usaha Ramos di dalam kotak penalti, kemudian sepakan kaki kiri Mesut Ozil masih bisa 'diamankan' tiang gawang. Skor 1-1 pun bertahan sampai turun minum.

Babak kedua 
Los Blancos kembali menyerang di awal babak kedua, namun Juanfran dengan sigap mencegat passing Ronaldo dari luar kotak penalti untuk Coentrao. 

Meski lebih dulu mendapat tekanan, Atletico tidak mau tinggal diam. Kali ini Felipe yang bergerak dari sisi kiri, namun mudah saja diamankan Lopez. Tim tamu mendapat peluang lewat tendangan bebas di posisi membahayakan bagi Madrid. Koke dan Falcao memainkan one-two kemudian Koke mengirim umpan silang yang ditujukan ke kotak penalti, namun Miranda tak mampu menjangkau bola. 

Serangan balik cepat diperagakan Atletico di menit 60. Juanfran mengoper kepada Felipe yang langsung melepaskan tembakan, sayang usahanya belum membuahkan hasil karena masih menyamping ke tiang gawang. 

Dua menit berselang, terjadi kemelut di depan gawang Courtouis. Pertama, tendangan yang dilepaskan Benzema membentur tiang, kemudian bola muntah jatuh di kaki Ozil justru masih dihalau Juanfran yang berdiri tepat di garis gawang saat sang kiper sudah mati langkah. 

Tak lama kemudian giliran Ronaldo yang dibuat geram lantaran kegagalannya menambah keunggulan. Sebuah tendangan bebas dieksekusi CR7, namun sepakannya membentur tiang gawang. Essien mencoba memanfaatkan bola liar, tapi tendangannya dari dalam kotak penalti melambung. 

Pertandingan kian panas, dua pemain Madrid secara berdekatan mendapat kartu kuning dari wasit masing-masing untuk Khedira dan Sergio Ramos. Kemudian wasit harus mengusir The Special One yang melakukan protes terhadap ofisial. 

Umpan silang dari Xabi Alonso mampu dijangkau Benzema di sisi kiri, tapi striker Prancis tak bisa melepaskan diri dari kawalan Juanfran yang mampu mementahkan peluang Madrid. Courtois dengan tenang menghalau tendangan bebas Alonso semenit kemudian, sehingga Benzema dan Ronaldo tak berkesempatan memberikan ancaman berarti. 

Enam menit tersisa, tapi tidak satu pun tim melakukan pergantian pemain dan kedua tim harus menambah durasi pertandingan di 2x15 menit karena tak ada tambahan gol tercipta sepanjang babak kedua.

Perpanjangan waktu 2x15 menit
Los Blancos melakukan tiga pergantian sekaligus dengan memasukkan Angel Di Maria, Arbeloa dan Gonzalo Higuain untuk menggantikan Luka Modric, Coentrao dan Benzema. Tapi, Atletico mendapat peluang emas pertama untuk berbalik unggul. Costa berhasil mengecoh Arbeloa, tapi usahanya mampu diblok Lopez lalu bola muntah tertuju kepadanya lagi dan untuk kedua kali kiper Madrid mampu menggagalkan usaha Costa.

Giliran Essien yang menggagalkan usaha Los Rojiblancos sehingga membuahkan sepak pojok untuk tim tamu. Dari sinilah berawal gol kedua Atletico. Koke mengambil tugas tendangan sudut dari sisi kanan kemudian Miranda melompat tinggi untuk memperebutkan bola atas dan melesakkannya ke gawang Lopez. 2-1 untuk tim tamu bertahan hingga perpanjangan waktu pertama usai.

Terjadi drama di sisa perpanjangan waktu babak kedua. Ronaldi dikartumerahi wasit setelah dianggap melakukan pelanggaran keras terhadap Gabi. Sontak, kubu Madrid yang tidak terima langsung keluar dari bench dan melakukan protes yang juga diladeni para penggawa Atletico. Pertandingan sempat dihentikan untuk memberikan waktu kepada tim media yang memberikan perawatan kepada Gabi, sementara kedua tim masih berseteru di pinggir lapangan.

Atletico akhirnya berhak menggondol trofi Copa del Rey setelah skor 2-1 bertahan sampai laga usai.


Susunan Pemain 
Real Madrid: Diego López; Essien, Albiol, Ramos, Coentrão; Xabi Alonso, Khedira, Modric, Özil; Cristiano Ronaldo , Benzema 
Cadangan: Casillas, Kaká, Carvalho, Arbeloa, Higuaín, Callejón, Di María.

Atletico Madrid: Courtois, Juanfran, Godín, Miranda, Filipe Luis; Gabi, Mario Suárez, Koke, Arda Turan; Diego Costa, Falcao
Cadangan: Asenjo, Cata Díaz, Tiago, 'Cebolla' Rodriguez, Raúl García, Adrián, Óliver.






Sumber: goal.com

Unknown said...

horeeee...jagoanku menang lagi.....hahahah. komennya pas2an banget yah? wkwkwk

Unknown said...

emang mba indah jagoin mna? bukanya mba indah jagoin real madrid ya, real madridnya klh :))
ga papalah mba wajarlah cw kan kurang suka bola :)

M. Alex Joenaedi said...

wah gak nyangka ruh, sayang ane gak nonton nih, thank gan

zigzoor said...

saya kesel ah,pporiktku kalah.

Unknown said...

ia gan ane juga ga nyangka madrid klh.
sip gan sma2 :-bd

Unknown said...

wkkwkwkk... :))
sabar gan smua tim pasti prnah klh skalipun itu madrid.
ttp dkung madridnya gan :-bd

Copyright © APTHANTA. Designed by OddThemes