Bayern Munchen Gilas Juventus 2 - 0, Bayern Munchen Berhasil Lolos ke Semifinal Liga Champions



Bayern Munich resmi mengeliminasi Juventus dari pentas Liga Champions 2012/13. Keunggulan 2-0 di Jerman dituntaskan Bayern dengan kemenangan 2-0 juga di Italia. Bianconeri tersingkir, sedangkan sang raksasa Bavaria melangkah ke semifinal.

Menjamu Bayern di Juventus Stadium, Kamis (11/4), Juventus punya misi nan berat, yakni membalikkan defisit dua angka dari perempat final leg pertama. Satu gol saja dari Bayern di Turin, berarti Juventus harus mencetak empat jika ingin lolos ke babak berikutnya. Melihat kualitas Bayern, hampir tidak mungkin hal tersebut diwujudkan. Sial bagi Juventus, dari semua skenario, justru skenario itulah yang tercipta. Bayern mencetak gol, dan tidak hanya satu, tapi dua melalui Mario Mandzukicdan striker pengganti Claudio Pizarro, sekaligus menghapus nama Juventus dari kompetisi elit Eropa musim ini dengan agregat telak empat gol tanpa balas.

Sebelum laga, pelatih Juventus Antonio Conte menegaskan bahwa pasukannya akan tampil berbeda, jauh lebih baik dibandingkan ketika kalah di Allianz Arena, meski tanpa Stephan Lichtsteiner dan Arturo Vidal yang terkena hukuman akumulasi kartu. Namun, yang terjadi justru sepertideja vu.

Di kandang Bayern, Juventus kalah segalanya dan menyerah dengan skor 0-2. Kali ini, di rumah sendiri, hal yang sama terulang kembali.

Secara statistik (via WhoScored), Bayern unggul di semua faktor utama, dari ball possession (59% - 41%), total shots (19 - 12), on target (7 - 3), hingga pass success (86% : 78%).

Di leg pertama, jangkar lini tengah Bayern Bastian Schweinsteigertampil lebih baik daripada regista Juventus Andrea Pirlo. Di laga ini, dominasi Schwensteiger kembali terulang. Gelandang Jerman itu mencatatkan rating terbaik (8,9) dan menginisiasi gol Mandzukic lewatfree kick di menit 64. Bola tendangan bebasnya diteruskan oleh Martinez dan ditepis Buffon, tapi langsung disambar oleh sang striker dari jarak dekat.

Schweinsteiger lalu merancang assist untuk gol kedua Bayern oleh Pizarro di masa injury timeThrough ball yang dilepaskannya sukses dituntaskan Pizarro, yang masuk menggantikan Mandzukic pada menit 83, untuk mengecoh Gianluigi Buffon dan memastikan keunggulan agregat empat gol Bayern.

Bayern pun bisa saja menang 3-0 seandainya tendangan melengkung Robben beberapa saat sebelumnya tidak membentur mistar.

Pirlo, yang merupakan ruh permainan Juventus, bisa dibilang tampil di bawah standar. Gerakannya dibatasi oleh para gelandang Bayern dan gagal menginspirasi timnya untuk mewujudkan comeback yang mereka incar.

Pirlo sempat sekali mengancam gawang Manuel Neuer, begitu pula Mirko Vucinic dan Paul Pogba, tapi tidak ada satu pun yang bersarang di gawang lawan.

Sekali lagi, Pirlo berhasil dimatikan, dan Bianconeri pun harus mengakui keperkasaan sang raksasa Bavaria.

Bayern, yang kehilangan Daniel van Buyten akibat cedera di laga ini, lolos ke empat besar bersama Barcelona, Real Madrid, dan Borussia Dortmund. Siapa lawan berikutnya akan diketahui setelah UEFA menggelar drawing di Nyon pada 12 April besok.

Susunan pemain Juventus: Buffon; Barzagli, Bonucci (kuning 13'), Chiellini; Padoin (ISla 69'), Pogba, Pirlo, Marchisio, Asamoah; Vucinic, Quagliarella (Matri 66').
Cadangan: Storari, Caceres, De Ceglie, Peluso, Giaccherini, Matri, Isla.

Susunan pemain Bayern: Neuer; Lahm, Dante, Van Buyten (Boateng 35'), Alaba; Schweinsteiger, Javi Martinez; Robben, T Muller, Ribery (Luiz Gustavo 80'); Mandzukic (kuning 7') (Pizarro 90').
Cadangan: Starke, Rafinha, Boateng, Shaqiri, Luiz Gustavo, Pizarro, Gomez.

Statistik Juventus - Bayern (via WhoScored)
Shots: 12 - 19
Shots on goal: 3 - 7
Penguasaan bola: 41% - 59%
Pelanggaran: 13 - 16
Corner: 3 - 7
Offside: 5 - 2
Kartu kuning: 1 - 1
Kartu merah: 0 - 0. (bola/gia)


Sumber: bola.net
Anonymous said...

bayern pemain bintang nya bnyak bgt sihh di tambah juga pelatih barunya
sukses selalu gan slm blogger

Unknown said...

ia gan bnr, ok thanks kunjungannya gan. salam blogger juga

Copyright © APTHANTA. Designed by OddThemes