Basel Berhak Melenggang ke Semi-Final Liga Europa Usai Menang Adu Penalti 4-1 Melawan Tottenham


Basel akhirnya berhak lolos ke semi-final Liga Europa setelah menang adu penalti 4-1 atas Tottenham Hotspur di leg kedua perempat-final di St. Jakob-Park, Jum'at (12/4) dini hari WIB.

Adu penalti harus dilakukan karena hingga babak perpanjangan waktu, kedua tim tetap bermain imbang 2-2 (agregat 4-4). Semua penendang penalti Basel berhasil menuntaskan tugasnya, dan ada dua penendang Spurs yang gagal, yakni Tom Huddlestone dan Emmanuel Adebayor.

Dengan demikian, Basel mengikuti Chelsea, Fenerbahce, dan Benfica, yang sebelumnya sudah dipastikan lolos ke babak empat besar.

Babak Pertama

Tampil di depan pendukung sendiri, Basel begitu percaya diri. Pada menit ke-11, Mohamed Salah melepaskan tendangan voli usai memanfaatkan umpan silang Philipp Degen, namun bola masih melambung di atas mistar gawang. 

Tottenham akhirnya unggul lebih dulu saat pertandingan sudah memasuki menit ke-23. Kesalahan Aleksandar Dragovic yang berusaha menghalau sebuah crossing dengan mengarahkan bola kepada kiper, dimanfaatkan oleh Clint Dempsey yang mampu merebut bola dan melepaskan tendangan ke arah gawang.

Tertinggal, tuan rumah berusaha bangkit. Mereka hanya butuh waktu empat menit untuk bisa mencari gol penyama kedudukan. Menerima umpan Marco Streller, Salah dengan cerdiknya mengarahkan bola ke pojok kiri gawang, tanpa bisa dihalau Brad Friedel.

Setelah mampu menyamakan kedudukan, penampilan Basel kian meningkat. Sebuah serangan pada menit ke-34 dilancarkan Seller, namun masih ada Kyle Walker yang melakukan penghentikan pergerakan striker lawan dengan cukup bagus.

Beberapa saat kemudian, Yann Sommer melakukan penyelamatan gemilang dengan memblok tendangan Moussa Dembele. Bola kemudian mengarah kepada Gylfi Sigurdsson dan diteruskan dengan umpan pada Emmanuel Adebayor, namun sepakan sang striker masih lurus ke arah kiper tuan rumah.

Babak Kedua

Tottenham melakukan inisiatif serangan di awal babak kedua ini. Sebuah sundulan Adebayor usai memanfaatkan tendangan sudut Sigurdsson sempat membahayakan gawang lawan, namun masih ada Sommer yang mampu menangkap bola.

Saat pertandingan baru memasuki menit keempat, Dragovic tampaknya sudah membayar hutang atas kesalahannya di babak pertama. Berawal dari tendangan penjuru, bola sebenarnya mampu diblok Friedel, namun langsung bisa disambar sang bek ketika ada di depan gawang.

Pada menit ke-54, Adebayor nyaris mencetak gol andai sepakan kerasnya usai memanfaatkan umpan Lewis Holtby tidak menyamping tipis di sisi gawang. 

Tiga menit berselang, Dragovic memiliki peluang bagus lewat tandukan yang tak terkawal usai memanfaatkan umpan Alexander Frei, namun usahanya masih belum menemui sasaran. 

Sebuah permainan cepat yang cukup berbahaya diperagakan Basel pada menit ke-64. Streller mengirimkan umpan matang kepada Valentin Stocker yang sudah mengunggu didepan kotak penalti, namun Walker dengan sigap menghalau bola.

Marcelo Díaz hampir membawa timnya kembali unggul pada menit ke-76. Sepakan kerasnya dari depan kotak penalti mampu ditangkap Friedel karena bola mengarah tepat pada dekapan sang kiper.

Pada menit ke-82, Dempsey memberi asa buat Spurs untuk menjaga peluang lolos ke semi-final. Menerima umpan matang dari Huddlestone, sang gelandang melepaskan tendangan dengan kaki kirinya di dekat pojok kiri gawang lawan. 

Empat menit kemudian, peluang besar dimiliki Basel setelah Streller memanfaatkan umpan silang Degen dengan tandukannya, namun bisa diaman Friedel.

Jelang pertandingan akan berakhir, Spurs harus bermain dengan sepuluh pemain setelah Jan Vertonghen mendapat kartu merah akibat menjegal Streller dengan cukup keras. 

Pertandingan harus dilanjutkan dengan babak tambahan waktu karena kedua tim memiliki agregat gol yang sama, 4-4.

Babak Perpanjangan Waktu

Ketika perpanjangan waktu memasuki menit keempat, Joo-Ho Park memiliki peluang bagus, namun tendangan pemain asal Korea Selatan itu masih bisa diamankan Friedel. Tiga menit berselang, peluang kembali didapatkan Basel lewat tendangan jarak jauh Mohamed El Nenny, namun masih membentur mistar gawang.

Basel terus mendominasi permainan di perpanjangan waktu babak kedua. Mereka mengurung pertahanan lawan dengan sejumlah peluang bagus. Sebuah usaha Salah dari luar kotak penalti mampu diintersep oleh Thomas Carroll. Demikian pula tendangan Frei yang masih bisa diblok barisan pertahanan tim tamu.

Peluang emas didapatkan Basel pada menit ke-114. Diaz malepaskan umpan silang yang gagal dijangkau Streller, dan bola sempat membentur Carroll dan ditangkap Friedel. Frei gagal menyambar bola. Satu menit berselang, Markus Steinhöfer melepaskan tendangan keras ke arah gawang usai menerima umpan dari Park, namun bola membentur kaki Michael Dawson.

Hingga pertandingan di perpanjangan waktu 2 X 15 menit tidak ada gol lagi yang tercipta, pertandingan harus ditentukan lewat adu penalti.

Adu Penalti

Empat penendang penalti Basel berhasil mengeksekusi tendangan penalti, yakni Fabian Schär, Streller, Frei, dan Diaz. Hanya satu penendang penalti Spurs yang berhasil, yakni Sigurdsson. Penendang pertama Spurs, Huddlestone, dan penendang terakhir, Adebayor, gagal. Dengan demikian, Basel melaju dengan menang adu penalti 4-1.


Susunan Pemain: 

Basel Starting XI: Sommer, P Degen, Schär, Dragovic, Park, El Neney, Die, Salah, F Frei, Stocker, Streller.

Cadangan: A. Frei, D. Degen, Steinhöfer, Vailati, Cabral, Sauro, Diaz.

Tottenham Starting XI: Friedel, Walker, Dawson, Vertonghen, Naughton, Dembélé, Parker, Holtby, Dempsey, Sigurdsson, Adebayor.

Cadangan: Assou-Ekotto, Lloris, Huddlestone, Livermore, Caulker, Carroll, Coulthirst.




Sumber: goal.com
Copyright © APTHANTA. Designed by OddThemes