10 Tahun Diduga Alien, Identitas Makhluk Ini Terkuak

Written By Ari M on Friday, April 26, 2013 | 5:23:00 AM




KOMPAS.com — Tahun 2003, sebuah makhluk yang dijadikan mumi ditemukan oleh seorang pria yang mencari peninggalan sejarah di sebuah gereja di La Noria, Gurun Atacama, Cile. Mumi itu sangat kecil, berukuran hanya sekitar 15 cm.

Rupa mumi tersebut begitu aneh, menyerupai alien. Karenanya, selama 10 tahun, identitas tulang tersebut menjadi misteri. Ada yang percaya bahwa mumi itu adalah makhluk luar angkasa, ada pula yang meyakini bahwa mumi itu adalah janin manusia yang digugurkan.

Orcar Munoz, penemu obyek itu, awalnya mendeskripsikan bahwa kerangka itu memiliki gigi keras dan kepala yang memiliki tonjolan. Sementara itu, terdapat sisa kulit yang tampak bersisik. Tak seperti manusia, tulang rusuknya hanya 9 (jumlah kemudian direvisi menjadi 10).

Mumi yang kemudian disebut Atacama Humanoid (Ata) tersebut beberapa kali berpindah tangan sebelum akhirnya jatuh ke Ramon Navia Orio, Kepala Institute for Exobiological Investigation and Study (IEE). Navia Orio mengungkapkan, obyek itu bukanlah hoax, walau belum tahu apakah memang alien.



Minggu ini, dalam tayangan bernama "Sirius" pada Senin (22/4/2013), terkuak bahwa mumi tersebut betapa pun anehnya adalah manusia. Analisis DNA menunjukkan bahwa obyek yang dimumikan itu adalah seorang pria.

Gary Nolan, peneliti sel punca dari Stanford University, dalam tayangan dokumenter tersebut mengatakan, "Saya yakin sekali ini bukan monyet. Ini manusia, lebih dekat ke manusia daripada simpanse. Ia hidup hingga usia 6-8 tahun."

"Pastinya, dia bernapas, dia makan, dia melakukan metabolisme. Menjadi pertanyaan kemudian adalah berapa besar ukurannya ketika dilahirkan," papar Nolan seperti dikutip Huffington Post, Rabu (24/4/2013).

Nolan melakukan analisis pada DNA mitokondria, bagian sel yang bertugas menghasilkan energi tetapi juga memiliki materi genetik. "Untai yang kami dapat dari DNA mitokondria menunjukkan bahwa ibu dari manusia ini adalah orang Indian dari Cile."

Sementara tentang ukurannya yang kecil, Nolan mengungkapkan bahwa hal itu mungkin akibat kelainan yang disebut kekerdilan. Menurutnya, fenomena pada mumi tersebut sebenarnya tak bisa dikatakan langka.




Sumber: kompas.com

Blog, Updated at: 5:23:00 AM

10 komentar:

pai mung said...

ah.. yang bener nih??????

Arie Apthanta said...

gatau mungkin bner dr kompas.com

sparta newcame said...

edan
bukti keajaiban Yang Maha Kuasa lagi

ilham efendi said...

buset gan serem bngt

Arie Apthanta said...

ia gan ini membuktikan kekuasaan Allah SWT sbg sang pencipta sluruh alam

Arie Apthanta said...

haha ya gtu dah gan, thanks gan udah mampir

VerLova's Blog said...

wah, baru tw nh. tp dr gambar agk aneh, ntah benar atw hoax. klo ngebayangin ada manusia sekecil itu, hm, gak kebayang sbrpa kecil wktu dy lahir, -__-

Arie Apthanta said...

ia mba DNAnya mirip seperti manusia jd para pngamat mnyimpulkan smentara mahluk itu mirip manusia

WN Update said...

Ya Allah
Ngeri banget tuh nglhat tgkoraknya
mungkin rekayasa kali ya ?

Arie Apthanta said...

mungkin juga gan rekayasa, tp pra pneliti brkta bhwa mahluk itu emang bnr2 hdup. ane juga ga tau gan bnr kaga. kta brdoa aja kpd sang pncipta agar d berikan yg trbaik buat kta smua :)

Translate

Artikel Terbaru

Artikel Populer Minggu Ini

Site Info


Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net

View My Stats