Tips Merawat Gitar Akustik By arie apthanta


Merawat gitar akustik memang gampang-gampang susah. Tapi, asalkan kitanya rajin aja merawatnya dan kita juga tidak terbebani dengan pekerjaan tersebut itu akan terasa mudah.
OK langsung saja………
Agar gitar anda suaranya tetap bagus ‘n gak false, ada beberapa cara untuk merawatnya diantaranya:

First, Jauhkan Gitar Dari Debu.
 Gitar itu sensitif dengan debu. Jadi, bersihkan gitar anda minimal 2X sehari atau berapa. Lebih bagus lagi berkali-kali, biar gitar anda kinclong terus gitu. ia ga sob?? Hehe…..




Second, Gunakan Senar/String Gitar Yang Berkualitas Baik.

Selain harus bebas dari debu, gitar anda juga harus menggunakan senar/string gitar yang kualitasnya bagus agar suara gitar anda tetap bagus dan merdu. Cari aja senar/string gitar yang anda suka. Di toko musik juga banyak. Tapi, saya sarankan anda untuk memakai senar/string gitar fender yang kualitasnya lumayan lah. Harganya juga terjangkau.

Third, Simpan Gitar Dengan Benar.
Cara penyimpanan gitar juga berpengaruh pada kualitas suara gitar. Jadi, anda harus berhati-hati dalam menyimpan gitar. Simpanlah gitar anda dengan terbalik disandarkan di dinding dan dibawah gitar dikasih alas berupa kain agar body gitar tidak bersentuhan dengan lantai. seperti pada gambar di bawah:
               
Penyimpanan gitar seperti diatas ditujukan agar neck gitar tidak melengukng.

Fourth, Jemur Guitar.

Guitar juga sama kaya manusia perlu cahaya matahari Sob. Jadi, jemurlah guitar anda selama 3-5 menit. Dengan dijemur suara gitar anda tambah bagus. . Gitu sob ….:)

Finally, apabila anda berniat untuk tidak memakai gitar akustik anda dalam jangka waktu yang lama sebaiknya senar/string guitar anda dikendorkan semuanya hal ini bertutjuan agar neck gitar akustik anda tidak melengkung ‘n suaranya tetap bagus..

Itu Sob diantaranya cara untuk merawat guitar supaya suaranya tetap OK,
Semoga tips dari saya bermanfaat. Mohon maaf jika tips dari saya ada yang salah,, hihihihi…. Maklum baru belajar...:)
Matur Nuwun……..:)
Wahyu-iwe said...

tHANKS sOB tIPSNYA...

Unknown said...

sama2 kang wahyu smoga bermanfaat tipsnya :)

Copyright © APTHANTA. Designed by OddThemes